Pendekatan Moderasi Beragama Cegah Konflik Paham Keagamaan

banner
Madiun, Bimas Islam -- Perwakilan Subdit Bina Paham Keagamaan Ditjen Bimas Islam, M. Syafa'at menyampaikan pentingnya pendekatan Moderasi Beragama sebagai upaya penanganan konflik keagamaan. Demikian disampaikan Syafaat dalam _Forum Group Discussion_ (FGD) Penanganan Konflik Paham Keagamaan yang dilaksanakan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Madiun di Madiun, Rabu (28/9/22).

Syafa'at menjelaskan, penanganan konflik berbasis Moderasi Beragama terdiri dari tiga langkah. "Pertama, identifikasi, deteksi, dan respons dini kasus keagamaan melalui berbagai perangkat dan jalur komunikasi," katanya.

Syafa'at menambahkan, langkah kedua meliputi pembinaan paham keagamaan. Dalam hal ini, ia menyampaikan pentingnya dukungan materil dan spiritual bagi lembaga mitra.

"Ketiga, jika sudah terjadi konflik paham keagamaan maka kita turut serta dalam advokasi dan penanganan atau penyelesaian kasus yang terjadi," tandas Syafaat dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Madiun, Ahmad Dawami.

Syafa'at mencontohkan, Kemenag secara aktif melakukan pendampingan dan penyelesaian konflik keagamaan di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Barat, dan daerah lainnya.

"Bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam proses penambangan konflik keagamaan adalah pemulihan. Kita berupaya mengembalikan keadaan dan memperbaiki hubungan yang tidak harmonis dalam masyarakat akibat konflik melalui rekonsiliasi, rehabilitasi, dan rekonstruksi," pungkas Syafa'at yang hadir sebagai narasumber mewakili Kasubdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik Ditjen Bimas Islam, Akmal Salim Ruhana.

(Pirman)

Tentang Kami

Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis, dan evaluasi bidang bina paham keagamaan Islam dan penanganan konflik.

Alamat Kami

Alamat : Sudbit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik Dit. Urais dan Binsyar,Bimas Islam Kementerian Agama RI

Email : bpkiurais@gmail.com

Logo © 2022 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.