Kemenag: Penguatan Paham Keagamaan yang Cinta Tanah Air Perlu Terus Dilakukan

banner
Jakarta, Bimas Islam --- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengimbau seluruh jajaran Kemenag untuk tak bosan melakukan penguatan paham keagamaan yang cinta tanah air.

Imbauan ini disampaikan Kamaruddin untuk merespons viralnya konvoi kelompok Khilafatul Muslimin di sejumlah daerah, termasuk di wilayah Jakarta beberapa waktu lalu.

"Kemenag dengan seluruh struktur dan SDM-nya terus melakukan penguatan pemahaman keagamaan yang cinta tanah air, merawat, dan menjaga konstitusi," kata Kamaruddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/6).

Menurut Kamaruddin, potensi SDM Kemenag yang sangat besar berusaha terus menerus tanpa lelah, bersinergi dengan ormas-ormas Islam, akademisi, agamawan, tokoh masyarakat merawat kebangsaan.

"Kemenag dengan program-programnya mewujudkan kesalehan keagamaan juga kesadaran dan ketaatan kewargaan," tegasnya.

Dia menjelaskan, Indonesia memiliki keragaman latar belakang agama. Selain itu, telah disepakati dasar negara UUD 1945 dan ideologi Pancasila oleh pendiri bangsa. Karenanya, dia menilai negara khilafah yang diusung kelompok Khilafatul Muslimin tidak mungkin diterapkan di Indonesia.

"Kita terus menerus menyosialisasikan dari seluruh struktur Kemenag dari pusat ke daerah tentang moderasi, yang menghargai, menghormati konstitusi, karena khilafah ini bertentangan dengan konstitusi dan sangat tidak realistis," katanya.

(Rendi)

Tentang Kami

Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis, dan evaluasi bidang bina paham keagamaan Islam dan penanganan konflik.

Alamat Kami

Alamat : Sudbit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik Dit. Urais dan Binsyar,Bimas Islam Kementerian Agama RI

Email : bpkiurais@gmail.com

Logo © 2022 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.