PROFILE

KATA SAMBUTAN

DIREKTUR JENDERAL BIMBINGANMASYARAKAT ISLAM


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkankehadirat Allah SWT yang senantiasa mencurahkan rahmat dan karunia-Nya.Shalawat dan salam semoga selau tercurahkan kepada junjungan kita Nabi MuhammadSAW, para sahabat, dan orang-orang yang meneruskan perjuangan beliau hinggaakhir zaman.

Salah satu upaya pemerintah untukmenjamin dan memberikan kepastian hukum dalam mengonsumsi produk halal danterhindar dari produk yang haram antara lain dengan memprakarsai RancanganUndang-undang tentang Jaminan Produk Halal. Kita menyadari bahwa untukmembangun masyarakat sadar halal ke depan tentunya tidak cukup hanya denganmelakukan upaya regulasi saja. Suatu hal penting yang perlu dilakukan terusmenerus adalah upaya penyuluhan dan pembinaan jaminan produk halal melaluijalur komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Dalam konteks inilah diperlukantenaga pembina produk halal, sarana, dan prasarana.

Bentuk kesiapan pemerintahkhususnya Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan MasyarakatIslam dalam hal sarana dan prasarana antara lain dengan mempersiapkanlaboratorium produk halal. Laboratorium produk halal selain berfungsi sebagaisarana pengujian diharapkan juga dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakatluas mengenai urgensi pengujian laboratorium untuk mengetahui kehalalan suatuproduk.

Kehadiran buku Profil LaboratoriumHalal diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi di bidang manajemenlaboratorium produk halal. Khususnya mengenai jenis-jenis peralatan, fungsi,dan cara penggunaannya serta beragam kegiatan pengujian yang dapat dilakukan.

Kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukungditerbitkannya buku Profil Laboratorium Halal. Kami berharap kehadiran buku inidapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pentingnya penanganan danpengujian di laboratorium dalam menentukan kehalalan suatu produk yang beredardi masyarakat.

Demikian sambutan yang dapat sayasampaikan, dengan niat dan usaha baik kita semua semoga dapat mencurahkan ridhadan berkah dari Allah SWT, amin.

    

Jakarta,       November 2011

    Wassalam

    Direktur Jenderal



 

    Prof. Dr. H. Machasin, M.A

                                                                                                                                                  NIP.195610131981031003



KATA PENGANTAR

DIREKTUR URUSAN AGAMA ISLAM DANPEMBINAAN SYARIAH


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pujisyukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa mencurahkan rahmah dan karunia-Nya sehingga buku Profil Laboratorium Halal dapat diterbitkan tepat pada waktunya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang shalih hingga akhir zaman.

BukuProfil Laboratorium Halal ini diterbitkan oleh Direktorat Urusan Agama Islam danPembinaan Syariah dengan tujuan sebagai media informasi untuk meningkatkan peran dan fungsi pemerintah dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat terhadap peredaran produk halal. Tujuan lain daripenerbitan buku ini antara lain sebagai sarana edukasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang sarana dan prasarana laboratorium produk halal Kementerian Agama yang digunakan dalam pengujian produk halal.

Kami sadari betul buku yang kami terbitkan ini masih memiliki banyak kekurangan, sehingga diperlukan perbaikan dan penyempurnaan. Namun demikian, kami berharap dengan diterbitkannya buku ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan menjadi masukan yang berharga bagi pemerintah dalam upaya perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telahmendukung dan membantu penerbitan buku ini. Semoga ridha Allah SWT senantiasa tercurah kepada niatkan usaha baik kita semua, amin.

 

        Jakarta,

 

        Wassalam

        Direktur Urusan Agama Islam

        danPembinaan Syariah




        Dr. H. Muchtar Ali, M.Hum

                                                                                                                                          NIP195704081986031002